Al Hikmah : Kisah Kucing dalam Dunia Islam

Cute-pet-06Kucing, jenis mammalian yang memiliki nama latin felix silvestris catus ini telah menjadi sahabat manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Tingkah laku nya yang manja dan menggemaskan telah mendapat tempat dihati banyak orang.

Mitos disekitar keberadaan Kucing

Banyak mitos yang bertebaran disetiap kehidupan kucing mulai dari memiliki 9 nyawa hingga sebagai jelmaan dewa. Seperti yan terjadi pada masa dinasti Fir’aun 3000 tahun yang lalu, kucing amat dipuja karena dianggap sebagai titisan dewa. Lain di Mesir lain pula di Eropa, di dataran ini kucing dianggap sebagai sihir setan atau pembawa bencana. Tak pelak lagi, pada masa abad kegelapan terjadi pemusnahan besar-besaran terhadap hewan lucu ini, hingga menyebar ke Afrika Utara. Padahal, wabah yang oleh masyarakat saat itu dianggap sebagai kutukan adalah jenis penyakit pes yang diakibatkan oleh meledaknya populasi tikus dan penurunan populasi kucing sebagai predator.

Cerita Nabi Muhammad SAW dan Kucingnya.

Didalam perkembangan peradaban islam, kucing hadir sebagai teman sejati dalam setiap nafas dan gerak geliat perkembangan islam.

Diceritakan dalam suatu kisah, Nabi Muhammad SAW memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza. Suatu saat, dikala nabi hendak mengambil jubahnya, di temuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai diatas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.

Dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar azan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan.

Kepada para sahabatnya, nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.

Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al Bukhori, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Tak hanya nabi, istri nabi sendiri, Aisyah binti Abu Bakar Ash Shiddiq pun amat menyukai kucing, dan merasa amat kehilangan dikala ditinggal pergi oleh si kucing. Seorang sahabat yang juga ahli hadist, Abdurrahman bin Sakhr Al Azdi diberi julukan Abu Hurairah (bapak para kucing jantan), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.

Penghormatan para tokoh islam terhadap kucing pasca wafatnya Nabi SAW.

Dalam buku yang berjudul Cats of Cairo, pada masa dinasti mamluk, baybars al zahir, seorang sultan yang juga pahlawan garis depan dalam perang salib sengaja membangun taman-taman khusus bagi kucing dan menyediakan berbagai jenis makanan didalamnya. Tradisi ini telah menjadi adat istiadat di berbagai kota-kota besar negara islam. Hingga saat ini, mulai dari damaskus, istanbul hingga kairo, masih bisa kita jumpai kucing-kucing yang berkeliaran di pojok-pojok masjid tua dengan berbagai macam makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Pengaruh Kucing dalam Seni Islam.

Pada abad 13, sebagai manifestasi penghargaan masyarakat islam, rupa kucing dijadikan sebagai ukiran cincin para khalifah, termasuk porselen, patung hingga mata uang. Bahkan di dunia sastra, para penyair tak ragu untuk membuat syair bagi kucing peliharaannya yang telah berjasa melindungi buku-buku mereka dari gigitan tikus dan serangga lainnya.

Kucing yang memberi inspirasi bagi para sufi.

Seorang Sufi ternama bernama ibnu bashad yang hidup pada abad ke sepuluh bercerita, suatu saat ia dan sahabat-sahabatnya sedang duduk santai melepas lelah di atas atap masjid kota kairo sambil menikmati makan malam. Ketika seekor kucing melewatinya, Ibnu Bashad memberi sepotong daging kepada kucing itu, namun tak lama kemudian kucing itu balik lagi, setelah memberinya potongan yang ke dua, diam-diam Ibnu Bashad mengikuti kearah kucing itu pergi, hingga akhirnya ia sampai disebuah atap rumah kumuh, dan didapatinya si kucing tadi sedang menyodorkan sepotong daging yang diberikan Ibnu Bashad kepada kucing lain yang buta kedua matanya. Peristiwa ini sangat menyentuh hatinya hingga ia menjadi seorang sufi sampai ajal menjemputnya pada tahun 1067.

Ada juga cerita tentang seorang sufi di Iraq yang bernama Shibli, ia bermimpi dosa-dosanya diampuni setelah menyelamatkan nyawa seekor anak kucing dari bahaya.

Selain itu, kaum sufi juga percaya, bahwa dengkuran nafas kucing memiliki irama yang sama dengan dzikir kalimah Allah.

Cerita yang dijadikan sebagai sauri tauladan

Salah satu cerita yang cukup mahsyur yaitu tentang seekor kucing peliharaan yang dipercaya oleh seorang pria, untuk menjaga anaknya yang masih bayi dikala ia pergi selama beberapa saat. Bagaikan prajurit yang mengawal tuannya, kucing itu tak hentinya berjaga di sekitar sang bayi. Tak lama kemudian melintaslah ular berbisa yang sangat berbahaya di dekat si bayi mungil tersebut. Kucing itu dengan sigapnya menyerang ular itu hingga mati dengan darah yang berceceran.

Sorenya ketika si pria pulang, ia kaget melihat begitu banyak darah di kasur bayinya. Prasangkanya berbisik, si kucing telah membunuh anak kesayangannya! Tak ayal lagi, ia mengambil pisau dan memenggal leher kucing yang tak berdosa itu.

Tak lama kemudian, ia kaget begitu melihat anaknya terbangun, dengan bangkai ular yang telah tercabik di belakang punggung anaknya. melihat itu, si pria menangis dan menyesali perbuatannya setelah menyadari bahwa ia telah mebunuh kucing peliharaannya yang telah bertaruh nyawa menjaga keselamatan anaknya. Kisah ini menjadi refleksi bagi masyarakat islam di timur tengah untuk tidak berburuk sangka kepada siapapun.

Adakah manfaat kucing bagi dunia ilmu pengetahuan?

Salah satu kitab terkenal yang ditulis oleh cendikia muslim tempo dulu adalah kitab hayat al hayaawan yang telah menjadi inspirasi bagi perkembangan dunia zoologi saat ini. Salah satu isinya mengenai ilmu medis, banyak para dokter muslim tempo dulu yang menjadikan kucing sebagai terapi medis untuk penyembuhan tulang, melalui dengkuran suaranya yang setara dengan gelombang sebesar 50 hertz. Dengkuran tersebut menjadi frekuensi optimal dalam menstimulasi pemulihan tulang.

Tak hanya ilmu pengetahuan, bangsa barat juga banyak membawa berbagai jenis kucing dari timur tengah, hingga akhirnya kepunahan kucing akibat mitos alat sihir di barat dapat terselamatkan.

Dikutip dari berbagai sumber (ex. Sebaris Kata dari Al Hikmah)

66 Komentar

  1. wah artikel ini membuatku jadi lebih berhati hati dalam merawat kucing…walaupun kucing dirumah nakal tapi bisa buat latihan terapi marah (tapi pada dasarnya daku suka kucing kok)….matur suwun

    • yah memang saya terkadang sangat kesal sekali
      saat saya di cakar oleh si kucing ,,,, namun tak apa apa dan rasa sakit itu hilang hanya karena kepalanya dan wajahnya yang sangat lucu membuat rasa sakit saya terobati….

  2. assalamualaikum. makasih bgt infonya,barusan saya ga ssngja nabrak kucing tapi bingung nih cara nguburnya gmn?

  3. ane mau share nih.. kalo kita nyakitin hewan kan dosa tuh.. tp dalam treatment hewan spy ga berbahaya bagi manusia kan salah satunya potong kuku.. nyakitin hewannya ga sih? thanks.. ane kepikiran terus nih.. ngeri dosa…

  4. Kalau nanti aku melihara kucing, aku juga mau kasih dia namanya Muezza, aahhh……!!!Moga aja sifatnya kaya` kucing Rasulullah… ^_^

  5. assalamualaikum.Makasih ya,barusan saya juga lindes kucing tp posisinya sdh mati,tp saya merasa berasal sekali dan kepikiran sampe sekarang,mitos yg ada tu aku percaya.mau saya ambil tp posisinya jln macet n hujan.gimana caranya rasa takut dan bersalah saya hilang?

  6. barusan kucing pnya keluarga ku sakit,.,dan akhirnya mati padahal dia masih kecil,.
    kami skeluarga sdah brusaha untuk mnyambuhkannya,.
    smoga saja kucing itu tenang di surga,..aminn
    kmi sangat merasa brdosa krena tdak bsa mjaga dgn baik kucing tersebut,.nama kucingnya mochi,..

  7. tadi saya membuang kucing gimana cara menghilangkan dosaya

  8. Kisah diatas adalah benar adanya, namun masyarakat umat islam di indonesia,
    Sebagian besar meyakini kesakralan kucing, sehingga menjadi mitos barang siapa menabrak kucing akan kena kecelakaan.
    Pemahaman ini menjadi mitos, dan justru mitos ini merusak Aqidah yang benar.

    • ia itu juga yg sy takut kan karena suami sy habis melindas anak kucing saat mengeluarkan mobil dari garasi

  9. ibu saya punya banyak kembang biasanya malam hari pasti di beol lin jadi ibu saya kesel sama kucing,tapi saya juga pernah di gigit kucing.
    kenapa ya saya kalo lewat di depan kucing selalu aja kucing nya ketakutan trus ada yang kabur lagi kenapa ya???????
    tapi emang bener kok saya pernah ngeliat kucing mengeong saat adzan zhuhur tiba!

  10. teman saya punya kucing satu pasang yang satu nama nya koko satu lagi kiki mereka kawin pas malam hari kata teman saya(kayak nya itu kucing takut diliat kawin)teman saya melihat diam diam dari jendela.

  11. i love u kucing……………..

  12. saya juga pecinta kucing, kucingku namanya atom, keunikan kucingku ini dia mengenali tuannya walaupun dipandang dari jauh, kalau beol keluar rumah, dan anehnya lagi kalau kucing jantan lain saling bermusuhan bahkan dengan anaknya yg jantan dimakannya untuk menjaga kekuasaanya, tapi kucingku ini sangat berbeda dia tidak memusuhi ketururnannya walaupun jantan malah saling berbagi makanan,alhasil kucing didaerah rumahku semuanya hampir sama itu karena rata2 adalah keturunan dari kucingku si atom.. hehehe ^_^ btw i like your article salam kenal..

  13. wah sangat bermakna sekali artikel ini trims…

  14. saya juga penggemar kucing

    nickname saya aja koecing

    heuheuheu

  15. sy,jg pny bnyk kuc!eng plihara’an drmh..
    skdr !nformas!=>st!ap mmlihra kuc!eng yg ekor’a pndek n melengkung,, tu bwa’ rzky..

  16. ternyata kalau kita memelihara kucing memang tidak ada ruginya
    buktinya ternyata memelihara kucing itu adalah sunnah ,makannya kalau punya kucing dirawat yang bener yaaa…
    kalaupun kita menemukan kucing yang dalam keadaan tidak terawat,mari kita buka pintu hati kita lebar-lebar supaya hati kita bisa peka terhadap lingkungan sekitar kita sehingga kita sadar bahwa ternyata bukan cuma diri kita,orang lain,pekerjaan dll yang harus dirawat,tapi ternyata lingkungan sekitar kita perllu juga dirawat sebaik mungkin.apalagi kalau kita menemukan kucing…
    ingatlah sama pesan nabi : sayangilah dia seperti kamu menyayangi keluargamu..

  17. saya jg punya kucing. Sebenernya c dlunya tu kucing jalanan, cm krna saya sk kucing, tiap tu kucing dtg krmh, slalu saya ksh mkn. Lma2 dy jd betah tinggak dirumah smp sekarang. Prihatinnya, tu kucing pernah ga sengaja kelindes mobil yg lgi parkir dpn rmh, alhamdulillah ga sampe mati, tp skrg postur tubuhnya jd aga panjang gt, dengan paru2nya yg agak berubah posisi dr sebelumnya, jd tiap dy mau tidur sk ngos2an gt ky abis lari (nyesek gt x ya). Harus cari posisi yg enak. Kasian bgt liatnya, jd sedih. Dirumah klo ga da tu kucing jadi sepi banget….
    Dy jd sahabat paling setia…
    (jadi curhat..)

  18. Wah artikelnya bgus…
    Saya pencinta kucing dan sdah bebrapa tahun ni slalu mmlihara kcing lbih dari 2…
    Kucing saya sangat penurut,, kalau lihat saya pulang sekolah langsung dihampiri…
    Tapi ibu saya tidak suka kucing dan sering mukul pakai sapu atau dilempar sandal…
    Kasihan… (Malah curhat) LOL…
    Tapi artikel ini menyadarkan saya untuk lebih mnyayangi kucing saya..
    Thank you so much…

  19. Di tulisan di atas disebutkan kalau dengkuran kucing menjadi frekuensi optimal dalam menstimulasi pemulihan tulang. Gimana sih cara kerjanya? Mohon jawabannya. Terima kasih.

  20. Sudah 2 tahun ini deasy kupelihara……Dia kutemukan di pasar perumnas klender..ktika itu aq dan suamiku hendak membeli obat buat aq. ktika turun dr motor, kudapatkan kucing itu sedang sendirian, yg harusnya kumpul dgn ibunya krn umurnya msih hrs menyusui…
    Aq tanyak suamiku untuk dperbolahkan dibawa pulang. Dan ternyata suamiku menyetujuinya. Kubawa dia ke bekasi (tempat tinggalku). Subhanaallah sifat pemarahku tiba2 berubah dgn mengasuh dia. Aq dgn sabar memberinya dia makan, membersihkan kotorannya dan memandikannya. Tiap pulang kerja dia minta dibelai dan ditemani . Hari2ku dan suamiku indah skali. Pertengkaranpun jarang skali. Tp……Karin dia sakit. Aku belum sempat membawanya ke dokter karena belum megang uang. Aku beri dia minyak zaitun. dan tepat pukul 04. 25. dia seperti sesegukkan. dan aku kaget. aku belai dia. dan sampe akhirnya dia bereriak. ….dan ternyata menghembuskan nafas terakhir……Ya Allah…….ampuni hamba ya Allah……..ampuni hamba……Deasy…….aq kangen deasy….aq kangen skali

    • sabar aku juga sering ngalamin it aku teringat setiap hari smpe kebwa mimpi sking kngennya

    • sama..saya juga punya kucing kesayangan..namanya jojo…dia lucu bgt n udah mengisi hari2ku n suamiku..tp ternyata setelah saya pindah rumah ..belum ada satu bulan tetanngaku meracuni kucingku sampai mati…aku sedih bgt,….
      kangn bgt m JOJO…
      apa hukumannya bagi orang yang meracuni kucing ya,,,tega banget/…….

  21. Aduh emang klo liat kucing aq seperti lihat cewek cantik imut dan lucu tapi masa jatuh cinta ma kucing. Kadang aq berangan pengen miarain ceetah kucing besar yg larinya cepat. Heu heu emang lucu n imut tuh si kucring.

  22. aku punya banyak kucing…tetapi sayangnya mama aku tak menyukai kucing,kalo aku brangkat ke kolah kucing2 nya dibuang…aku seih sekali hingga aku tak bisa tidur
    pada tahun 2008 aku mempunyai kucing kecil nan lucu…penurutku dia alim,dia datangpada saat menjelang subuh,dan meminta makan….aku kasih dia…akhirnya aku dapat merawatnya hanya 3 hari aja…malahan kalo si kucing itu blom aku kasih namanya,kalo dipanggil “pas,pis,pus” dia langsung lari ngampiri aku…tetapi kucing yg alim itu dibuang oleh mamaku…smoga dosa2 mamaku akan diampuni oleh Allah SWT ….amien

    • seharusnya kamu ancam mama kamu
      kalo kucingku di buang aku tidak akan pergi ke sekolah lagi
      nah dengan begitu mamakamu pasti bakalan ngasih kamu memplihara kucing itu

      sama aku juga dulu kaya kamu…………………………

  23. saya pecinta kucing …. binatang yg sangat menggemaskan smuah keluarga saya suka sm kucing … sampai” setiap ada kucing liar yg lucu saya pungut … tp saya merasah dosa karena bnyak kucing ku yg mati karena trsrang pnyakit flu(maybe)

  24. kucing bagiku…..bkn hny skdr teman tp keluarga sendiri. kucing gw yg dah mati sktr 15 ekor, gk ada rugix kalo cmn kasi makan ke kucing n mrwtx tp sbg blsnx kucing bisa ilangin rasa strees kita dgn canda2x…..i love meong….!!

  25. I love cat

  26. [...] -sumber disini- -6.892194 107.617902 Comments RSS feed LikeBe the first to like this post. [...]

  27. Detil bgt ceritanya.. aku suka cerita yang sufi.. ternyata masih banyak hal yang perlu di gali dan di pelajari lagi tentang kucing.. maksih ilmu nya ya.. btw, numpang copas ya :D

  28. Kucing sangat bisa dijadikan SAHABAT

  29. kucingku banyak..aq sayang mereka semua

  30. aku sering rawat kucing dari kecil, walaupun tu kucing jalanan kadang dikasih sisa (tulang) ayam ama ikan pada dateng, kadang kasih susu juga.. sekarang kucing2 yg dijalan induknya berasal dari kucing yg kubesarkan dulu xD
    dan
    anaknya kadang datang ksini
    0,0a
    klo malem kadang ada yg tidur di depan pintu, kadang di kursi depan

    btw artikel yg menarik.. numpang copas ya xD

  31. Siapa suka kucing, sila la LIKE ya.. :)

  32. aq pernah punya kucing namanya meong.suatu hari bapak saya mau pigi kluar kota simeong saya bwa krumh nenk aq krna takut dy sndirian d’rmh. tp saat aq pulng skolh aq liat s’meong mati

  33. paling sebel klo lht orang mendzalimi kucing, sampe2 aq sumpah2in tuh orang spy sial seumur hdp (ya Allah, maafkan hamba). ada jg tetanggaku yg marah ga mau bertegur sapa udah hampir 1 thn gara2 aku ksh makan semua kucing yg datang ke rmh. cerita ini pasti aq sampein ke tmn2 spy makin bnyk yg sayang sama kucing. trima kasih

  34. Ak punya kucing namanya remond sama imol.imol tuh pling lucu bgt,dia ska mijit2,mana manja bgt klo mw tdr hrs dkepok2 ky bayi,tiap ak mkn apa aja dy slalu mau.klo remond krjaanya mkn n tdr mulu mkany dy gndut,dy pndiem bgt g seaktip imol..

  35. Ak punya kucing namanya remond sama imol.imol tuh pling lucu bgt,dia ska mijit2,mana manja bgt klo mw tdr hrs dkepok2 ky bayi,tiap ak mkn apa aja dy slalu mau.klo remond krjaanya mkn n tdr mulu mkany dy gndut,dy pndiem bgt g seaktip imol..mrka brdua udh kya kluarga drmh ku,dah kya ade,hihihi

  36. Trimakasih ya Rabb engkau pertemukanku dengan Mueeza :)

  37. Saya juga punya kucing di rumah. Dia suka pijit2 paha/perut orang yang didudukinya. Hafal suara motor orangtua saya, suara tukang sayur yang jadi langganan kalau beli ikan, dan suara saya. Kebiasaan anehnya, dia senang ngemil jagung manis, kentang dan sukun yang direbus. Sayangnya dia sudah tua dan enggak bisa lari cepet lagi kayak dulu, tapi saya bersyukur punya kucing.

  38. keluargaq termasuk penyayang kucing….
    ada satu kucing peliharaan dirumah yang kebetulan sudah berumur 11 tahun,,,
    saking tuanya, skg ini kucing itu suka (maaf) buang air sembarangan, bahkan saat berjalan pun mengeluarkan air kecil…
    karena takut dirumah najis, akhirnya kucing itu dibuang…
    dosa gak yha ???

  39. saya dulu punya kucing nmanya menk-menk dia lcu dari kecil smpe gde mtanya belo trus gendut lagi klo main ngikut tidur suka bedua pergi bedua dan setrusnya smpe suatu saat dia saya tinggal pergi dan pas saya pulang dia sudah berpulang ke rumah allah hari itu terakhir bagi saya saat itu tgl 16 agustus 2011 saya menyesal sekali meninggalkan dia… andai dia masih ada mungkin msih bsa bermain

  40. [...] -sumber disini- -6.892194 107.617902 Share this:TwitterFacebookEmailLike this:LikeBe the first to like this post. Comments RSS feed [...]

  41. saya penyayang kucing di rumsh ada 5 ekor masing2 punya nama ada cemong,putih,cemeng,comel,dan leles,baru2 ini siputih melehirkan 2 ekor anak.tp belum ku kasih nama.kira2 kasih nama apa ya???.tp pada intinya aq sgt sayang kucing.setelah baca artikel ini rasa sayangku terhadap kucing makin bertambah. thank’s ya….

  42. kelqu penyayang kucing n aq dr kecil udah ngurus kucing…..kucing pertamaqu wktu aq kelas 4 SD nmnya bily, wktu itu hr yg pling nyakitin wtu billi meninggal di racun orang pdhal dia kucing nurut n nyenengin g pernah buat kel qu kesel…
    banyak orang yg bilang jangan terlalu deket sm kucing krn aq msh kecil,bulunya bs jd asma…aq sebel sm orang2 yg bil gt ! aq pura2 g prnh denger n untungny ortuqu g pduli omongan2 orang
    skrng aq sdh bersuami n untungny suamiqu g benci kucing n dia malah ikut2an syg sm kucing,kucingqu dirmah ada 5…. tp resenya orang2 yg benci kucing sll bil mcm2 tentang toksolah pdhal emang orang2 yg menderita tokso ykin tuh virus dr kucing??? burung,ayam juga bisa nularin.
    kucing itu binatang bersih,lidahnya aja bs nymbuhin. kl emang kucing mngendap virus,kucingnya jg kliatan. tp kl yg kucing sger buger???? logikany nabi ataw rasulullah qt memerintahkan qt menyayangi kucing bkn memberi penyakit sm qt tp dia tau kucing itu bersih dan sehat…kl kucing itu pembawa penyakit DIA ngk akan memrintahkan bgitu,psti dia tkt kl umat2ny trkena pnykit. b ner g?
    makany SUBHANALLAH dr dlu aq sehat wlopun kucing tidur di seranjang sm aq,aq g punya tuh pnykit bengek.dan aq mintanya teman2 smua penyang kucing biar aq cpt2 diksh momongan yg sehat sm ALLAH swt,aq bakalan nunjukan dgn aq punya anak yg sehat bahwa g bnr kucing itu pmbawa virus.
    dan liat balasannya di akhirat sna buat yg tlah adu dombain islam atw oleh orang2 kafir biar umat muslim ngejauhin kucing.

    • SETUJU!!!!

      Aq juga sebel sama tetangga2ku dan saudara2ku yg selalu menyalahkan kucing sebagai penyebab penyakit tokso.Padahal tokso bukan di dapat dari kucing saja…Kalau kucingnya sehat,mana bisa kita terkena tokso karena kucing…
      Aku jg sebel sama tetangga2ku,yg selalu nyalahin keluargaku karena kucingnya pup sembarangan…
      Bukannya ngasih makan kucing,malah benci kucing.Masih mending keluargaku,kasih makan kucing2 liar yang sangat susah mencari untuk makanpun.daripada mereka yg selalu menyiksa kucing…
      Aq sering nangis,merasa sedih karna para tetanggaku yang ngomongnya itu nyakitin hati.Kadang di hati aq sering ga sadar kalo aq ngedoain mereka dapat balesan di akhirat karna nelantarin kucing dan selalu nyakitin kucing….

    • setuju banget!

  43. saya punya kucing nm,a pusi dia nurut bgt m saya.setiap q pulang kerja pusi sllu nyambut kpulngan saya..tpi ad orng yg tidak suka m pusi sehingga dia blg m saya..eh toh kucing buang aj knp bkn penykit doang,,neah trs pd mlm hari saya membuangnya. .pdhl saya sayang bgt m pusi..q mw tnya buang kucing dosa apa g..

  44. Brdosa kah bila mlihara kucing jk kucing yg d plihara ada yg mati ? Dah bnyk loh akibt sakit n mgkn jg krn kelalaian qu mgurusnya

  45. sedih banget kalo kehilangan kucing, kusing ku pernah ilang sekaligus 3 ekor tak mau mau dicari kemana sampai sekarang masih terbayang mukanya..mudah2 an ada yang kasih makan amiin

  46. aku punya kucing jantan berekor panjang matanya yang kanan biru dan yang kiri hijau namanya patroclus, di hati aku berkata “wow kucing nieh matanya sangat menakjubkan”. Kucing ini pembawa berkah bagi keluargaku ^_^ tapi sayangnya pada usia 8 tahun udah lumayan gede kucingku telah tiada T_T aku menduga kucingku telah memakan tikus yang keracunan. Padahal aku suka matanya yang berbeda warnanya

  47. kucingku berusia 8 tahun sangat tua o_o salah ketik tuh :D yang betul 8 bulan :)

  48. itulah kenapa aku sayang banget sama hewan yang bernama kucing ini. di rumah aku ada 1 kucing betina, sering banget ilang tapi alhamdulillah selalu berhasil bali ke rumah :) i love my night fury, islam cinta kucing, aku pun cinta kucing

  49. aku juga punya kucing di rumah, sebetulnya dulu aku kurang suka kucing. suatu hari ada anak kucing yang di tinggal ibunya, awalnya aku biarin di luar selang tiga hari kucing itu ga pergi juga di depan rumahku, tambah kurus krna blum bisa cari makan sendiri dan masih takut orang. akhirnya aku kasian trus aku kasih makan dia lamakelamaan jadi kbiasaan jadi aku beri nama deh.. namanya ziezie… uniknya dia ga mau jauh dari rumhku, trs klo berak selalu ke kamar mandi/ke toilet. makanan kegemarannya cicak… hmmm curhatnya panjang lebar yah…hehe

    • sama tuh kyak si omeng

  50. Numpang Copas ya sob… Di daerahku kemarin ada 4 kucing yang mati tiba2… kayaknya aku mau tempel dimading daerah rumahku dan di blog aku:. gudanginfocuy.blogspot.com. makasih ya…

  51. Saat ini aku justru lg sedih, dr 3 kucing bersodara terlantar yg kurawat, td pagi mati satu, yg jinak dan sangat baik, penyesalan krn belum maksimal merawatny dan aku tunda2 mau ngasih vaksin ke dokter hewan swkt dia masih sehat,,
    padahal semlm aku mimpi kucingku kondisinya membaik, ternyata petunjuk sebalikny,, :(
    ini kucing lebih dr ke 30 an yg mati krn penyakit yg sama, dr induk yg sama..
    Dan akhirny banyak pula aku saksikan bagaimana proses sakhratul maut kucing sprt halnya manusia,,,

  52. Saya mengueus kucing liar yg beranak 4 ekor diluar rumah, 1 bln kemusian 2 ekor menghilang, setiap hari induk kucing mencarinya sambil mengeok (sedih), saya juga ikut sedih, setiap mengeok saya ikut sedih, bagaimana cara mengatasi induk kucing yg sedih kehilangan anaknya dan biasanya berapa lama induk kucing mengingat anaknya itu, trima kasih…:(

    • Ralat : Mengueus -mengurus, Kemusian – kemudian
      Maaf ….

  53. kucingku baru mlahirkan.anaknya 5.gak taunya dimakan kucing liar 2 ekor.. sisa nya jg d incer.. Smoga Allah sll mlindungi kucing2 ku, Amin

  54. Aq juga punya kucing djogja dlu, namae miki, warna item, kucing ku sangat aneh, dlu aq mliara’e msh dr kcil.Pass aq dusruh nemenin kakak ke mataram NTB karena kakaku sendiri dsana, kira” 2 minggu sebelum kberangkatan k mataram, kucingku it selalu tidur bareng sma aq, g tau kenapa, pdahal dlu” g pernah. Setelah aq balik ke jogja lg kucingku tuh mandang aq lma bngt. 4 bulan kemudian aq k mataram lg sma kyak dlu tidur bareng trs, sebelum berangkat ke mataram. Nah pas aq k mataram kata ayahku kucingku th tiap hari tidur dkamarku trs smp kalo makan makananya smpe dbawa kekamarku, kangen banget aq sma si miki.

  55. Saya jg abs buang kucing..tp kucing kmpung,,sy kesal ank klinci saya 4 d mkn dy..tinggal 1 mau d mkn jg smpe berdarah2 ,,akhrny kucingny sy buang aj..drpd sy emosi,,trs sy pukul..krn sy lg hamil..mkny mndingan d buang…

  56. sy mau minta maaf sm kucing itu,, bukan sy yg nabrak,, tapi sy merasa bersalah….
    tapi jjr sy pobia hewan… :'( bgmana caranya sy bisa hilangkan rasa bersalah ini?? tolong dong…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It's Me... ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 81,304 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.