10 Sertifikasi Information Security

digital_lifestyle

1. Certified Information Systems Auditor (CISA)
Sertifikasi yang sudah diterima secara internasional sebagai standar pencapaian prestasi dalam bidang audit, kontrol, dan keamanan sistem informasi. Pemegang setifikat CISA dihargai sebagai profesional auditor sistem informasi yang berkualitas tinggi.

2. Certified Information Security Manager (CISM)
CISM setingkat di atas CISA dan cocok diambil oleh para IS (Information Security) Manager atau mereka yang bergelut di dunia manajemen keamanan informasi. Bersifat lebih makro dan memfokuskan diri pada information risk management.

3. Certified  Information System  Security Professional (CISSP)
Kandidat CISSP harus memiliki pengalaman minimal 3 tahun di beberapa bidang tertentu. Kandidat harus bersih dari catatan kriminal sedikitpun.

4. CompTIA Security +
Pemegang sertifikat ini berarti telah mempunyai pemahaman tentang konsep keamanan komunikasi, infrastruktur, kriptografi, keamanan operasional, dan keamanan informasi secara umum.

5. Certified Internet Web (CIW) Security Analyst
Pemegang sertikikat ini berarti sudah bisa mengidentifikasikan ancaman keamanan dan mengembangkan sistem penangkalnya. Selain itu ia juga mampu mengimplementasikan solusi e-business komplit dengan keamanan terjamin.

6. Certified Ethical Hacker (CEH)
Tugas pemegang sertifikat ini adalah menelisik jaringan atau sebuah sistem komputer dari organisasi dan mencari kelemahannya. Seperti hacker, ia memiliki kemampuan seperti hacker profesional.

7. Computer Hacking Forensic Investigator (CHFI)
Sertifikat ini bisa menjadikan Anda sebagai penyelidik layaknya detektif atau polisi. Menemukan hacker, menelusuri serangan hacker, mencarikan bukti dari tindak kejahatan keamanan sistem informasi, melakukan antisipasi keamanan untuk kondisi berikutnya.

8. EC Council Certified Security Analyst ECSA
Setingkat di atas CEH (dan CHFI). Pemilik sertifikat ECSA dapat mengeksplorasi fase analisa dalam (ethical) hacking. Ia juga bisa memahami bagaimana cara menganalisa dan menginterpretasi hasil uji sekuriti oleh ahli CEH.

9. Security Certified Network Specialist (SCNS)
Pemegang sertifikat ini lebih fokus pada teknologi pengamanan perimeter jaringan yang bersifat defensif seperti firewall, intrusion detection, dan security router.

10. GIAC Certified Firewall Analyst (GCFW)
Yang menjadi fokus dari pelatihan GCFW adalah perangkat pengamanan jaringan, VPN, dan desain jaringan keseluruhan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits