Kriptografi (Kriptologi) Adalah Subset IlmuNYA

“Katakanlah: ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang berakal lah yang dapat menerima pelajaran”. (Q.S Az Zumar: 9).

Begitulah kriptogram dari Allah yang patut kita renungkan. Sebenarnya masih banyak lagi kriptogram-kriptogram yang ia kirimkan kepada kita. Bahwa Allah menurunkan ilmu universal di dalam Al Qur’an, yang kadang beberapa ayat di dalamnya bisa dikatakan ter-encrypt. Ia mengajarkan pada kita untuk berpikir, menafsir segala firman yang ia sampaikan sehingga bisa menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita, inilah fungsi decryption-nya. Ilmu universal yang diajarkanNya bukan hanya masalah akhirat melulu, tapi ilmu yang sekarang ini ada di dunia pula. Namun, seringkali kita memisahkan antara ilmu dunia dengan ilmu Ilahiah.

Pada dasarnya Allah memberikan kita ilmu yang begitu sempurna dalam bentuk Al Qur’an. Al Qur’an mengajarkan segala sesuatu yang jauh di masa lalu orang belum menemukannya namun Al Qur’an bisa memberikan gambaran nyata tentang hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang.

Allah Mengajari Kita Kriptologi

Allah selain mengajarkan ilmu astronomi, astrologi, biologi, kimia, sejarah,dan ilmu-ilmu lainnya Ia tak juga mengajarkan kriptologi kepada kita. Bukankah Al Qur’an itu adalah kumpulan-kumpulan kriptogramnya?!. Banyak makna Al Qur’an yang  harus kita tafsirkan dengan benar, karena jika tidak maka akan banyak kesalahpahaman dalam implementasi di kehidupan sehari-hari. Nah, inilah, Allah mengajarkan kita kriptologi jauh sebelum manusia mengetahuinya. Kriptologi yang diajarkanNya ini lengkap dari sisi kriptografi juga kriptanalisisnya.

Dalam konsep kriptografi yang dibuat oleh manusia, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi yakni:

  1. Confidentiality (kerahasiaan)
  2. Data integrity (integritas data)
  3. Availability (ketersediaan)
  4. Non-repudiation (nir-penyangkalan)
  5. Authentication (otentikasi)

Allah mengajari kita tentang pentingnya confidentiality. Allah mempunyai banyak rahasia yang hanya Ia yang tahu. Sebagai contoh, segala rahasia tentang ajal, jodoh, rizki, atau segala rahasia apapun dari masa depan manusia semuanya sudah tertulis di dalam Kitab Lauhul Mahfudz.

Allah juga mengajari kita tentang data integrity, authentication dan non repudiation. Tiada yang mampu menandingi ciptaan Allah yang satu ini. Fungsi hash yang diciptakan Allah ini sama sekali sempurna. Acak random dan bersifat unik. Fungsi hash yang kita ketahui saat ini adalah suatu fungsi yang memetakan bit string dengan panjang sembarang ke bentuk bit string dengan panjang tertentu (yang fix). Selain itu, fungsi hash juga mampu menghasilkan output yang  berbeda dengan inputan yang sama. Manusia terlahir di dunia mempunyai ciri yang berbeda-beda, tanpa collision (meski bayi kembar) !! . Meski pun misalnya ada bayi kembar, namun tetap saja keduanya pasti memiliki suatu perbedaan. Manusia di dunia ini tidak ada yang terlahir sama, meskipun berasal dari bapak dan ibu yang sama. Karena alasan inilah maka dengan kuasaNya, manusia bisa mengembangkan teknologi biometric sebagai salah satu alternatif dalam suatu fungsi kriptografis. Biometric yang diciptakan Allah secara unik untuk setiap masing-masing individu yakni meliputi struktur retina, fingerprint (sidik jari), dsb. Dan biometric ini merupakan salah satu metode otentikasi “what you are” yang paling terpercaya dan tak bisa dipalsukan sehingga dianggap paling aman.

Subhanallah, Maha Suci Allah… []

(Artikel ini muncul setelah mendapatkan tausiyah dari seorang narasumber yang budiman ketika saya riset tugas akhir. Sekedar berbagi inspirasi dan semoga bermanfaat…^-^)

5 Komentar

  1. cerita menarik dan perlu mendapatkan aplauss……salam kenal cakureh.wordpress.com

  2. hehehehe…ayik juga..di fungsi hash pastinya ada collision-nya lo..makanya Allah menciptakan manusia ada anak kembar..🙂

    Availability nya belum dibahas, sekedar masukan aja. untuk availability..Allah meciptakan semua di dunia tanpa guna, semuanya memberikan manfaat.

    kemaren baru dapat ilmu mengenai “Inteleje Nabi”, ternyata intelejen gak cuma di pelajari di Latsar..hohoho..Ternyata Rasullullah punya banyak intel lo..terbukti dengan strategi Rasullullah yang memenangi peperangan melawan Kafir Quraish. Untuk kelanjutannya insyaallah saya posting di blog. tunngu aja tayangnya.🙂

    • Loh bang, kok malah menurut saya fungsi hashnya Allah tuh ga ada collisionnya.🙂 Meski secara fisik kembar, namun pasti tetap ada perbedaan. Misalnya, fingerprint dan struktur retinanya pasti ada perbedaan.
      Oya, trm ksh atas masukannya, bg. Sy tunggu artikel yg diceritakan…:-D

      • Dalam teorinya kan secara akademisi dan telah melalu penelitihan selama 6 bulan (inget jaman TA), fungsi hash (fungsi yang memetakan bit string dengan panjang sembarang ke bentuk bit string dengan panjang tertentu (yang fix)) pasti ada collisionnya…fingerprint kan bukan fungsi hash.🙂

        Oke..Insyaallah nanti akan dipublish, tentang intelijen nabi…
        Terus berkarya…sampaikan walau satu ayat, senantiasa dalam jalan-Nya.

  3. ass. skripsi saya tentang kriptografi.
    kira2 ayat yg paling pas tentang kriptografi apa ya?
    saya sisipkan ayat tentang keamanan, tetapi kata dosen saya ayatnya kurang pas karena tentang kemanan itu terlalu umum.
    apakah ayat pd artikel ini bs di jadikan acuan?
    saya izin copas ya untuk referensi.]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits