Tipe Pengamanan Informasi

Berbicara masalah pengamanan, maka disini saya akan mencoba sedikit bercerita tentang pengamanan terhadap informasi, baik informasi dalam bentuk elektronik dan non elektronik. Jika kita sudah kerap mengetahui bagaimana pengarsipan, menggunakan software pengaman file, password, maka pada artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang berbagai bentuk pengamanan terhadap informasi. Hal ini juga terkait dengan hakikat pentingnya informasi bagi keberlangsungan suatu organisasi, yang juga berperan dalam kegiatan pengambilan keputusan. Yang penting, the right decision from the right information and people.
Pengamanan terhadap informasi terbagi ke dalam tiga macam:
1. Pengamanan fisik
Pengamanan ini melindungi dari pencurian data, pencurian perlengkapan, bom, bugs, bypass entry control. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu mekanisme pengarsipan, peletakan sumber informasi di tempat yang aman, pembatasan akses masuk ke ruangan atau media penyimpan informasi, pemberlakuan kartu kontrol, CCTV, dan lain-lain.
2. Pengamanan logik
Melindungi informasi dari pemalsuan identitas, pemalsuan tanda tangan, Trojan Horse, virus komputer dan kriptanalisis. Solusinya yaitu dengan pemberlakuan mekanisme otentikasi (password, PIN, biometrik, dll), digital signature, menginstall antivirus, steganografi dan yang utama dengan menggunakan kriptografi.
3. Pengamanan organisasional
Melindungi informasi dari print output disposal, data sensitif yang tidak terklasifikasi, manajemen kunci manual yang kurang baik, pelanggaran kompetensi. Sehingga mekanisme yang bisa diterapkan diantaranya yaitu penggunaan paper shradder atau membakar print out dokumen yang sensitif, klasifikasi dan ketegorisasi informasi, restrukturisasi mekanisme manajemen kunci.

Nah, kita sudah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pengamanan informasi. Menurut saya, yang dapat menangani semua itu adalah persandian. Jika kriptografi hanya bisa meng-handle pengamanan secara logik saja, maka persandian bisa menangani ketiga-tiganya. Hal itu dikarenakan persandian berkaitan dengan domain-domain lain. Seperti yang pernah saya tuliskan di dalam artikel berjudul “Kripto cs Persandian”. Jadi, persandian itu bukan hanya berkutat pada bentuk-bentuk pengkodean saja, melainkan lebih kompleks karena berkaitan erat dengan domain intelijen, rekayasa (perangkat lunak/perangkat keras) dan ilmu-ilmu dasar (matematika, fisika, IT, dll).

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits