Kota Serambi Mekah

Siapa yang tak kenal dengan kota yang disebut Serambi Mekah, ingatan kita langsung menunjuk kota Aceh. Aceh merupakan kota yang islami, telah banyak menerapkan syariat-syariat Islam dalam peraturan pemerintahan dan bermasyarakat. Sebagai contoh, membakukan bacaan tilawatil Qur’an pada setiap susunan acara pembukaan kegiatan resmi pemerintahan.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan icon yang cukup terkenal. Jangan salah kostum jika ingin melihat ke dalam masjid, karena ada aturan berpakaian Muslim rapi jika ingin memasuki area masjid. Konon kata masyarakat asli sini, masjid ini adalah salah satu bangunan yang aman dari terjangan tsunami Aceh tahun 2004.

IMG-20141023-WA0009

Untuk mengenang peristiwa tsunami, pemerintah Aceh membangun Museum Tsunami Aceh. Berikut ini adalah foto miniatur museum yang ada di dalam museum.

4

 

Di dalam museum terdapat galeri video dan foto peristiwa tsunami serta ruang simulasi gempa. Jalan masuk ke museum dibuat seperti lorong yang panjang dan lumayan gelap lembab, dinding-dinding yang dialiri air dan diiringi gemericik air sehingga mengajak kita membayangkan suasana mencekam peristiwa itu. Tiba pada satu ruangan bulat kecil gelap seolah kita berada di dasar sumur atau mungkin gulungan ombak, pada dinding-dindingnya bertuliskan nama-nama korban peristiwa tsunami Aceh. Cahaya matahari masuk dari atas, jika kita mendongak ke atas maka terdapat tulisan Arab “Allah” pada sumber cahaya. Menurut saya, sang arsitek (read: Ridwan Kamil) mendesain seperti ini untuk merefleksikan bahwa segala sesuatu berasal dari Allah, akan kembali kepada Allah, tidak ada daya upaya melainkan atas kekuasaan Allah segala sesuatu yang terjadi bumi ini.

IMG-20141023-WA0020

Ini hasil foto bagian ujung atas salah satu ruangan pada museum tsunami Aceh.

Berkunjung ke Aceh tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Mie Aceh. Resto Razali merupakan salah satu resto mie aceh yang cukup terkenal saat itu. Aneka pilihan mie aceh mulai dari mie aceh biasa sampai dengan menu pecinta seafood. Karena saya penggemar olahan kepiting, maka saya pesan mie aceh berkuah dengan kepiting. Yummi….

IMG-20141023-WA0031

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits