First Time Go Abroad, Try Singapore!

Liburan ke Singapura sudah menjadi hal biasa bagi orang Indonesia. Selain paling deket dengan Indonesia juga murah dan mudah. Bagaimana tidak mudah, hanya berbekal paspor dan tiket pesawat saja tanpa dipusingkan dengan urusan apply visa sudah bisa menginjakkan kaki ke negara tetangga.

Artikel saya kali ini akan membahas catatan perjalanan empat tahun silam, tepatnya pada akhir tahun 2011. Mungkin suasana Singapura saat ini lebih baik dari saat itu dan mungkin mode transportasinya sudah semakin beragam dan dengan jalur-jalur barunya. Namun, setidaknya catatan ini mudah-mudahan dapat memberikan sedikit gambaran.

Warga negara di sana cukup homogen, mulai dari etnis Melayu, Tionghoa, India, Arab dan etnis lainnya bisa ditemukan. Begitu dekat dengan negara kita, namun memiliki budaya masyarakat yang berbeda. Disana, membuang sampah sembarangan dan mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar saja bisa kena denda yang tidak lumayan sedikit. Menginjakkan kaki di Changi airport saja sudah tergambarkan kebersihan dan ketertiban negara yang satu ini.

00

Jalan-jalan di Singapura ini, saya sangat menyarankan untuk membeli Ez-link card dan langsung melakukan top-up sesuai nominal yang dikehendaki. Kartu ini bisa dibeli di loket MRT (Mass Rapid Transportation), dapat digunakan untuk membayar MRT, taksi, vending machine dan bahkan membayar biaya fotocopy di perpustakaan layaknya e-money.

20160101_165412

20

Berkeliling di Singapura akan terasa nyaman mencoba kereta cepatnya (read: MRT). MRT di Singapura ini menggunakan jalur bawah tanah sehingga tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas seperti KRL di negara kita, hampir setiap menit selalu ada dan nyaman karena relatif sepi tidak harus berdesak-desakan seperti di dalam KRL.

Destinasi utama ketika berkunjung ke Singapura yaitu Marina Bay Sands. Di tempat inilah letak icon negara ini, patung Merlion.

23

2

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits