One Day, Sydney!

Sebelum bercerita soal Sydney, saya hanya ingin memberitahu traveller supaya jangan pernah salah menulis Sydney dengan tulisan Sidney. Sidney ada di belahan bumi Amerika, sedangkan Sydney yang pake “y” ada di Australia. Sydney merupakan ibu kota dari New South Wales. Jadi nanti sebelum melewati gate pemeriksaan, pada kolom “state” form imigrasi silakan diisi dengan “NSW”.

DSC_0756

Saat itu akhir tahun 2015, cuaca Sydney akhir tahun lebih hangat ketimbang di Melbourne. Kegiatan saya di Sydney diawali dengan muteri-muterin area bandara namun tak kunjung menemukan prayer room. Setelah bertanya kesana kemari dan mengikuti alur peta airport, akhirnya ketemulah universal prayer room di airport office.

20151204_044733

Dari Tullamarine airport menuju kota kita dapat memilih kereta cepat, begitu juga untuk mobilitas dalam kota Sydney.

20151204_091226

DSC_0583

DSC_0584

DSC_0585

Sistem pembayaran transportasi dapat menggunakan kartu OPAL, cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan AT-HOP card.

20160101_165635

Ikon dari Sydney yang hukumnya wajib dikunjungi yaitu Opera House. Bukan ke Australia namanya jika belum ke sini. Bangunan Opera House mirip seperti keong raksasa, lokasinya berada di pinggir laut. Di seberangnya ada Royal Opera House Bridge. Untuk mendapatkan hasil foto dengan bentuk sempurna dari Opera House dan bridge, pengunjung dapat naik ferry untuk mengambil angle yang tepat.

20151204_114652

Ketika berkeliling di sekitaran Opera House, saya dan rekan sempat diajak ngobrol oleh orang Turki. Dia menanyakan saya dari negara mana dan meminta saya untuk menceritakan apa saja yang indah dari Indonesia. Pertanyaan ini cukup sulit untuk saya jawab mengingat bahwa Indonesia memiliki warisan budaya kuno dan keindahan alam namun belum terkelola dengan baik, ya sebisanya saya menjelaskan yang bagus-bagus di Indonesia. Ujung-ujungnya sang turis Turki dengan bangganya menceritakan bahwa Istanbul (read: ibu kota Turki) memilikiĀ  tempat wisata yang jauh lebih menarik dibandingkan Sydney. Yup, memang benar. Setiap liputan travel ke Turki selalu memperlihatkan banyak bangunan indah ala negeri dongeng Aladin. I hope to go there someday…

Oiya, bagi yang suka shopping atau sekedar mencari makan dan memotret bangunan ala Eropa, di Sydney ada Queen Victoria Building.

DSC_0593

DSC_0597

Di seberang Queen Victoria Building juga terdapat The Town Hall dan St. Andrew’s Cathedral.

DSC_0586

Kemudian satu tempat menarik untuk objek foto yaitu Saint Mary’s Cathedral.

DSC_0771

Tak jauh dari St Mary’s Cathedral, tepatnya di Hyde Park. Taman ini ada air mancurnya, dan semacam hutan kotanya begitu. Saya beberapa kali mendapati sekawanan unggas yang berbentuk mirip dengan burung kiwi namun berwarna putih. Sangat jinak karena tidak takut pada manusia dan mereka seolah menunggu pengunjung untuk memberi makanan. Entah burung apa itu namanya. Googling sana sini akhirnya ketemu lah bahwa burung tersebut adalah spesies burung Ibis. Excited banget, sudah beberapa kali nginep di hotel Ibis tapi baru sekarang tahu ibis itu wujudnya seperti apa.

DSC_0808

Sebenarnya travel saya ini kurang lengkap karena tidak mampir ke kebun binatangnya Australia. Bahkan sampai dengan menginjakkan kaki di sana pun belum kesampaian melihat baby kangaroo.

Seperti halnya Beijing, Auckland, Seoul dan kota-kota di negara lainnya, Sydney juga memiliki Sydney Tower Eye and Skywalk.

DSC_0765

Masih dekat dengan St Mary’s Cathedral terdapat bangunan ANZAC War Memorial.

DSC_0810

Hal yang jangan sampai ketinggalan ketika traveling ke luar negeri adalah mencari oleh-oleh khas negara tersebut. Sebelunya saya telah mendapatkan rekomendasi untuk berbelanja souvenir di Paddys Market sebelah Market City. Dan benar di sana Paddy’s Market ini semacam tanah abangnya Sydney, berbagai macam souvenir khas Australia dengan berbagai rupa dan harga murah bisa kita temui di sana. Love it!

DSC_0820

DSC_0822

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits