Malaysia, Truly Asia…

Awal tahun 2016, saya dan suami berkesempatan untuk liburan ke Kuala Lumpur. Menginjakkan kaki di negeri jiran telah membuka mata saya, betapa tertinggalnya negara kita. Malaysia yang dulu katanya belajar kepada Indonesia, ternyata sudah menjadi negara yang maju dan disiplin. Berada di Malaysia terasa hampir seperti saat di Singapura. Malaysia yang merupakan negara multietnis ini telah memiliki tata kota yang rapi dan sistem transportasi massal yang nyaman. Banyak etnis di sana, mulai dari Melayu, Cina, India, Arab, dsb sebagaimana yang dideskripsikan di dalam film Upin dan Ipin.

Pesawat yang saya tumpangi mendarat di KLIA 2. KLIA 2 merupakan bandara baru setelah KLIA 1. KLIA 2 ini cukup tersohor di kalangan netizen backpacker dunia karena menjadi salah satu titik transit penerbangan internasional, menyediakan areal tidur gratis alias “tempat ngemper” bagi turis yang menginap di KLIA 2 tanpa khawatir akan diusir oleh petugas bandara.

Dari KLIA 2, saya dan suami dengan pertimbangan ekonomis memilih naik aerobus ke KL Sentral seharga RM 10 per kepala. Barulah saat pulang kami mencoba naik KLIA Ekspres (semacam kereta cepat) yang nyaman, bersih dan modern, dari KL Sentral ke KLIA 2 dengan harga tiket RM 55 per kepala. (Harga kurs RM 1.00 per Januari 2016 sekitar Rp 3100,-)

IMG-20160129-WA0006

Tiba di KL Sentral, saya dan suami memilih KFC sebagai tempat makan siang. Menu KFC di sini terasa tak biasa di lidah, nasinya bukan nasi putih melainkan semacam nasi lemak yang kental aroma rempahnya. Ada sih menu yang lebih nyambung di lidah, yaitu ayam dengan nasi bertabur remahan nori.

Inilah penampakan stasiun KL Sentral yang modern, dilengkapi dengan mesin tiket, gate elektronik dan eskalator. KL Sentral merupakan stasiun penghubung layaknya Manggarai, Jatinegara atau Gambir.

DSC_0003

Bagi traveller yang sekedar transit di KL atau hanya travelling selama seharian saja, di KL Sentral arah Musholla dan toilet ada jajaran loker elektronik. Loker tersedia dengan beberapa ukuran dan tarif berbeda. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan Luggage Storage di terminal kedatangan KLIA 2. Saya saja menitipkan tas ukuran backpacker di Luggage Storage dikenai tarif RM 19.10 /24 jam, sedangkan di KL Sentral harganya hanya separuhnya.

DSC_0001

Beginilah penampakan Rapid KL train. Yang jelas, perjalanan Rapid KL tidak mengganggu lalu lintas kendaraan bermotor karena memiliki jalur tersendiri. Selain tidak menimbulkan kemacetan, Rapid KL sangat nyaman dan bersih. Untuk melihat rute, tarif dan jadwal Rapid KL, traveller dapat membuka link www.myrapid.com.my/.

DSC_0009

DSC_0149

Selain naik Rapid KL, traveller juga dapat memilih mode transportasi bus seperti KL Hop On Hop Off. Untuk melihat rute dan tarif, traveller dapat mengunjungi situs www.myhoponhopoff.com/kl/visitor.php. Selain KL Hop On Hop Off, traveller yang hobi berburu gratisan juga dapat memanfaatkan fasilitas bus gratis Go KL. Meskipun Go KL ini gratis, fasilitas interiornya sangat nyaman dan bersih, tidak kalah dengan fasilitas berbayar lainnya. Cek saja website www.gokl.com.my/ untuk informasi lebih lengkap tentang Go KL.

DSC_0011

Untuk liburan jangka panjang, tentunya saya merekomendasikan traveller untuk mengunjungi Batu Caves, Istana Negara, Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz dan Colmar Tropicalnya Berjaya Hills.

Namun demikian, untuk waktu traveling yang cukup singkat masih ada banyak alternatif tempat yang dapat dikunjungi dan masih dalam lingkup kota Kuala Lumpur.

Central Market merupakan situs warisan budaya yang merupakan tempat berbelanja dan kuliner di Kuala Lumpur.

DSC_0039

Kuala Lumpur juga memiliki kawasan belanja pecinan yang cukup terkenal di Petaling Street. Berbagai ornamen, souvenir dan kuliner Tiongkok dapat ditemui di sana layaknya pasar Wangfujing di Beijing.

DSC_0033

DSC_0035

Kuala Lumpur memang memiliki banyak wajah. Di satu kawasan tak jauh dari Petaling Street juga ada kuil India Sri Mahamariamman Temple.

DSC_0012

Dekat dari kuil, jajaran pedagang India nampak sedang merangkai kalung bunga atau yang biasa disebut “garlan”.

DSC_0022

Satu tempat yang jangan lupa untuk dikunjungi ketika berkunjung ke KL yaitu lokasi Dataran Merdeka. Tempat ini ibarat alun-alunnya Kuala Lumpur, dengan tanah lapang hijau dikelilingi bangunan-bangunan tua bersejarah yang seolah bercerita tentang perjalanan Malaysia hingga terbebas dari belenggu kolonialisme. Beberapa bangunan tersebut yaitu Museum Tekstil, Museum Sejarah Nasional, KL City Gallery, KL City Library, Victorian Fountain, Royal Selangor Club, City Theatre, Malaysian Institute of Architect, Sultan Abdul Samad Building dan St Mary’s Cathedral.

DSC_0049

DSC_0047

DSC_0077

Nampak dari jauh nampak tower Sky KL di belakang bangunan Sultan Abdul Samad.

DSC_0080

Meskipun Dataran Merdeka cukup mahsyur, namun rupanya justeru Petronas Twin Tower sebelah KLCC yang menjadi ikon kota Kuala Lumpur. Menara kembar pencakar langit dengan jembatan penghubung milik perusahaan raksasa minyak Malaysia ini merupakan spot yang menjadi daya tarik wisatawan dunia. Pada sore hari menjelang petang, akan mulai banyak berdatangan pengunjung memenuhi area pelataran Twin Tower. Biasanya pengunjung menunggu petang sampai seluruh lampu putih dari menara ini dinyalakan. Pemandangan Twin Tower yang bermandikan cahaya putih inilah yang akan mengundang kekaguman pengunjung wisatawan karena melihat kemegahannya.

DSC_0116

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits