Belitong, Surga yang Tersembunyi (Bangka Belitung Part 2)

Rasanya sudah beberapa bulan tidak ngeblog tentang keindahan nusantara, karena kesibukan ngebolang ke negeri sebelah (uhuukk…). Bukan begitu, namun karena memang akhir-akhir ini terlalu sibuk sehingga baru sempat meluangkan waktu untuk ngeblog. Namanya juga kerjaan, kalau ga sempet jalan-jalan ya yang penting kerjaan selesai maksimal baru bersantai kemudian.

Yup, siapa sangka Indonesia punya banyak pesona tersembunyi. Ternyata keindahan pantai Belitong seperti yang tergambar pada film Laskar Pelangi nyata adanya. Pantai pasir putih dan sekelompok bebatuan raksasa di tengah perairan menciptakan keindahan tersendiri.

Dan perjalanan pun dimulai dari sini, dermaga Belitong begitu kami menyebutnya… Biasanya dermaga ini menjadi titik akhir festival tahunan Sail Morotai. Wew..dari ujung Maluku Utara sampai Bangka Belitung bok…

Dermaga Belitong

Bagi pecinta pasir putih, Pulau Pasir Putih ini sangat cocok untuk disambangi. Pulau ini hanyalah daratan yang muncul saat air laut surut dan mungkin tenggelam saat pasang. Lihat saja gambar pulau seperti gambar di bawah, hanya dengan 1 menit berlari saja sudah bisa mengelilingi pulau. Namun, siapa sangka pulau mini ini sangat mahsyur di kalangan traveler Indonesia. Hihihi…

20160721_091548

Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir Putih memang cocok untuk spot pengambilan foto. Sayang sungguh sayang, selama trip Belitong ini cuaca cukup mendung sehingga awan pun tak terlihat suram. Namun demikian, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan referensi bagi pecinta travel nusantara.

IMG_0245

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas memang terkenal menjadi tujuan wisata Belitong. Pulau yang identik dengan bangunan mercusuar putih ini memiliki pesona tersendiri. Bagi pecinta pemandangan bawah laut, sekitaran pulau ini merupakan spot snorkeling yang pas.

IMG_0261

Meskipun kondisi hujan gerimis, teman saya ini tak patah arang tetap terjun snorkeling di sekitaran Pulau Lengkuas. Nampak asik sekali sehingga lupa waktu dan tak menyadari bahwa kami yang sudah lebih dari satu jam menunggu di atas kapal mulai jenuh ingin mencoba spot menarik lainnya, haha…

IMG_3572

Menepi di Pulau Lengkuas, kami langsung mengarah ke sisi kanan pulau yang isinya batu-batu raksasa. Lompat sana lompat sini, menguji adrenalin bak pendaki bukit batu. Yang paling penting berhati-hati. Spot ini sangat cocok untuk para pendaki dan pecinta alam.

20160721_114656

Yup siapa mau mencoba naik mercusuar yang kokoh berdiri sejak masa penjajahan kolonial Belanda tahun 1882. Persiapkan fisik ya karena mercusuar ini terdiri dari 19 lantai. Jika sudah sampai di ujung atas, hamparan pemandangan pantai Belitung mudah-mudahan dapat menghilangkan letih.

20160721_120612

Tak jauh dari mercusuar, terdapat tempat penangkaran penyu. Bagi yang mau mengeksplorasi tentang perkembangbiakan satwa tersebut silakan mampir ya…

IMG_0291

Short trip selanjutnya, tak jauh dari Pulau Lengkuas terdapat sebuah pulau dengan hutan kecil dan Gua Batu di dalamnya. Let’s explore the cave…!

Goa Kelayang

Selesai mengeksplorasi gua dengan batu tiga warna, saatnya bersantai pada hamparan batu raksasa. Tempat dimana kita dapat melihat Pulau Burung dari jarak yang lumayan dekat.

IMG_0332

Pulau Burung

IMG_0355

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 144,162 hits