Mudahnya Tambah Nama di Paspor

Sudah menjadi ketentuan umum kalau mau berangkat umrah atau haji, nama di dalam paspor harus terdiri dari 3 kata. Kenapa harus 3 kata nama? Karena umumnya nama orang Indonesia terdiri dari satu atau dua kata saja, tentunya akan menyulitkan penelusuran ketika terjadi suatu hal (contoh: orang hilang, dll). Misalnya ada beberapa jamaah haji/umrah yang memiliki nama mirip, dengan awalan “Abdul Aziz” (nama jamaah Indonesia biasanya banyak yang berawalan Muhammad, Abdul, Siti, dll), kita tidak tau ini Abdul Aziz yang mana, oleh karena itu dengan menambahkan satu kata di belakang (biasanya nama ayah) maka akan sedikit memudahkan penelusuran. Nah karena itu saran saya kalau baru punya anak, langsung saja beri nama yang terdiri dari 3 kata supaya ketika mengurus paspor untuk haji/umrah tidak perlu mengurus tambah nama.

Kembali ke urusan tambah nama di paspor, pasti sudah terbayang ribetnya mengurus tambah nama di kantor imigrasi. Itu juga yang saya bayangkan saat itu. Tetapi anggapan itu sirna setelah saya selesai mengurusnya. Ternyata gampang banget dan ga pake ribet.

Sebelumnya saya sudah memiliki paspor hijau dan ingin menambahkan satu kata nama (dari 2 kata menjadi 3 kata nama — bukan suku kata ya, tapi kata). Kebetulan saya memilih Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan untuk mengurus penambahan nama karena lokasinya yang dekat dengan tempat kerja.

Apa saja berkas yang perlu disiapkan? Bawa saja paspor hijau yang asli, foto copy paspor, foto copy KTP dan foto copy Kartu Keluarga, opsional bawa surat pengantar tambah nama dari travel buat jaga2 kali aja diminta. Udah itu aja…

Singkat cerita, begitu tiba di Kanim Kelas I Jaksel saya diarahkan ke bagian informasi. Di bagian informasi saya langsung diarahkan untuk membeli formulir tambah nama di koperasi. Formulir tambah nama ini berupa satu lembar kertas yang sudah bermaterai (harga formulir bermaterai Rp 8000,-). Isi formulir kurang lebih berisi pernyataan “Saya yang bertanda tangan di bawah ini…Nama, tempat/tanggal lahir, pekerjaan dan alamat sekian sekian akan mengunjungi negara … untuk keperluan umrah/haji/keperluan lainnya (disebutkan) …. menyatakan permohonan penambahan nama menjadi …… (sebutkan 3 kata nama yang kita ajukan) mengambil nama dari ayah kandung….. atau kakek kandung …. (pilih salah satu dan tuliskan nama ayah/kakek kandung) dan seterusnya tanda tangan”.

Ingat ya, kalau di Kanim Kelas I Jaksel untuk tambah nama tempatnya di Bagian Informasi, ga pake loket-loketan.

Usai diisi, formulir  diserahkan ke petugas bagian informasi (ga pake antri). Selain menyerahkan formulir saya juga dimintai paspor asli, fotocopy paspor, KTP dan KK, justeru surat pengantar tambah nama dari travel tidak dimintai. Berkas2 langsung dibawa masuk oleh petugas, sambil menunggu saya bisa duduk2 santai, tidak sampai 10 menit nama saya dipanggil, dan taraaaaa….tambah nama di paspor sudah selesai. Ga pake ganti buku paspor, tambah nama itu cuma cetak nama baru (3 suku kata) di halaman belakang di balik halaman identitas diri. Cek dulu penulisan nama sudah betul atau belum, biar ga bolak-balik. Nah kalau yakin penulisan namanya sudah sesuai,  kita akan diminta foto copy halaman identitas dan halaman nama yang sudah ditambahkan, serahkan fotokopiannya di bagian informasi kemudian isi buku tamu. Layanan ini bebas biaya dan langsung selesai dalam hitungan menit. Happy ending. 🙂

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • [ It’s Me, AENI ]

    Meski hanya sebuah blog yang sederhana, namun dengan niat berbagi dan bertukar informasi tentang dunia Islam, Travelling dan Kriptografi, semoga bisa bermanfaat....

  • Blog Stats

    • 162,279 hits